Cara Menggunakan Snipping Tool di Windows 10

Cara Menggunakan Snipping Tool di Windows 10 – Snipping Tool adalah salah program aplikasi bawaan Windows 10 yang berfungsi untuk mengambil screenshot atau cuplikan layar komputer/laptop. Program aplikasi gratis dari Microsoft ini dapat mengambil screenshot dalam bentuk bebas (free form snip), bentuk segiempat (Rectangular snip), screenshot jendela tertentu (window snip) dan screenshot layar penuh (full screen snip).

Sebelum melanjutkan ke pembahasan langkah-langkah mengambil screenshot dengan Snipping Tool di Windows 10, sebaiknya kita memahami User Interface atau antarmuka pengguna program aplikasi Snipping Tool ini.

Cara Menggunakan Snipping Tool di Windows 10

Pada dasarnya, Snipping Tool terdiri dari 5 tombol seperti pada gambar diatas. Kelima tombol ini masing-masing melakukan fungsi-fungsi berikut ini :

  • Tombol [New] : Klik tombol ini untuk mengambil screenshot yang sesuai dengan mode yang diinginkan.
  • Tombol [Mode] : Memungkinkan kita untuk memilih berbagai jenis screenshot seperti mengambil screenshot dalam bentuk bebas (free form snip), bentuk segiempat (Rectangular snip), screenshot jendela tertentu (window snip) dan screenshot layar penuh (full screen snip).
  • Tombol [Delay] : Penundaan screenshot selama 1, 2, 3, 4 hingga 5 detik.
  • Tombol [Cancel] : Untuk membatalkan tindakan pengambilan screenshot saat ini.
  • Tombol [Options] : Untuk melakukan beberapa setting yang diperlukan pada Snipping Tool.

Membuka Program Aplikasi Sniping Tool

Kita dapat membuka program aplikasi Sniping Tool di Windows 10 dengan beberapa cara, diantaranya adalah dengan menggunakan Search Bar (Bar Pencarian), melalui Start Menu dan Menggunakan Run Command.

  • Dengan Menggunakan Search Bar : Di Search Bar, ketik “Snipping Tool” dan kemudian klik hasil pencariannya yaitu [Snipping Tool] seperti gambar dibawah ini.
  • Dengan Menggunakan Start Menu : Klik logo [Windows] untuk menampilkan Start Menu, gulir ke bawah untuk mencari [Windows Accessories], klik [Windows Accessories] kemudian cari dan klik [Snipping Tool].
  • Dengan Menggunakan Run Command : Tekan logo [Windows] + [R] pada keyboard komputer untuk membuka Window Run Command. Ketik “snipping tool” di kota Run Command dan kemudian klik [OK] atau tekan [Enter] pada keyboard.

Screenshot dengan Snipping Tool

Cara Menggunakan Snipping Tool untuk mengambil Screenshot di Windows 10

Setelah kita memahami User Interface Snipping Tool dan juga cara membuka program aplikasi Snipping Tool. Kini saatnya kita melakukan Screenshot atau Print Screen dengan menggunakan Snipping Tool di Windows 10. Berikut ini adalah langkah-langkah mengambil screenshot dengan Snipping Tool.

  1. Buka Program Aplikasi Snipping Tool di komputer kita dengan menggunakan salah satu cara yang disebut diatas.
  2. Pada User Interface Snipping Tool, klik [Mode] kemudian pilih dan klik jenis screenshot yang kita inginkan.
    Catatan : kita juga dapat langsung menggunakan [New] untuk melakukan screenshot pada layar komputer kita.
    Jenis-jenis Screenshot di snipping tool
  3. Setelah klik mode screenshot pilihan kita (contohnya Rectangle) atau klik [New], layar pada komputer kita akan memudar dan mengubah pointer mouse menjadi pola Cross-hair yang berbentuk seperti tanda “+”. Ini memungkinkan kita untuk memilih area yang ingin kita screenshot dengan cara menahan tombol mouse dan menyeret kursor di area yang kita inginkan.
  4. Setelah area yang kita inginkan tersebut dipilih, lepaskan tombol mouse. Screenshot akan secara otomatis disalin (copy) ke Clipboard.
  5. Selanjutnya, periksa hasil cuplikan layar tersebut dan klik ikon [Save] atau klik [File]>[Save As] untuk menyimpan screenshot ke lokasi yang kita inginkan di komputer kita.

Cara Menggunakan Snipping Tool di Windows 10 untuk screenshot di Komputer

Demikian Cara menggunakan Snipping Tool di Windows 10 untuk mengambil screenshot yang diinginkan. Semoga Bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*